Sejarah Pekan Ini

Diposting oleh ZHE HAB di 8:57:00 PM

Jumat, Januari 30, 2009

27 Januari 2008: Mantan Presiden Soeharto Meninggal Dunia

Mantan Presiden Soeharto meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan, Ahad, 27 Januari 2008 pada pukul 13.10 WIB. Sebelumnya tim dokter kepresidenan mengumumkan bahwa keadaan Soeharto pada Ahad pagi sangat kritis, pernafasan dangkal dan 100 persen kembali diambil alih alat bantu pernafasan.


Ketua tim dokter kepresidenan, Marjo Soebiandono, menjelaskan sejak pukul 01.00 WIB
keadaan kesehatan secara umum mantan orang nomor satu itu menurun, kemudian terjadi sesak nafas diikuti tekanan darah yang juga menurun.

Kematian itu adalah ujung dari perawatan sejak 4 Januari 2008. Soeharto kembali dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta, karena kadar hemoglobin rendah, tekanan darah turun dan ada penimbunan cairan sehingga tubuh membengkak. Sebelum 4 Januari itu, kabar terakhir adalah Tim Dokter Kepresidenan menemukan dua titik penyumbatan pembuluh darah di otak bagian kanan Soeharto pada 18 Mei 2006.

Pada Senin, 28 Januari 2008, pukul 12.15 WIB, Soeharto dimakamkan di Kompleks Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah.


Soeharto kemudian mengambil alih kekuasaan dari Soekarno, dan resmi menjadi presiden pada tahun 1968. Pada 1998, masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada 21 Mei di tahun tersebut, menyusul meletusnya Tragedi Mei 1998 dan pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa.


Ia merupakan orang Indonesia terlama yang menduduki jabatan presiden. Soeharto digantikan B.J. Habibie.(YUS/dari berbagai sumber)


PERISTIWA LAIN


26 Janua
ri 1980. Israel dan Mesir mulai menjalin hubungan
diplomatik. Dua tahun sebelumnya, mereka menandatangani Perjanjian Camp David.
Untuk perjanjian dengan nama yang sama pada tahun 2000, lihat KTT Camp David 2000

Perjanjian Perdamaian Camp David ditandatangani pada tanggal 17 September 1978 di Gedung Putih yang diselenggarakan untuk 'perdamaian' di Timur Tengah. Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter memimpin perundingan rahasia yang berlangsung selama 12 hari antara Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin. Perjanjian ini mendapatkan namanya dari tempat peristirahatan milik para presiden AS, Camp David, di Frederick County, Maryland.

Perjanjian ini juga melahirkan Perjanjian Damai Israel-Mesir pada tahun 1979.


28 Januari 1986.
Pesawat ulang-alik Challenger meledak sesaat setelah lepas landas dan menewaskan tujuh orang di dalamnya.



29 Januari 1933.
Presiden Jerman Paul von Hindenburg melantik Adolf Hitler
sebagai Kanselir Jerman. Ini awal mula Hitler membangun kekuasan fasisnya.
Paul Ludwig Hans Anton von Beneckendorff und von Hindenburg,umumnya dikenal sebagai Paul von Hindenburg 2 Oktober 1847 - 2 Agustus 1934) adalah seorang Jerman panglima tertinggi dan negarawan.
Pada 2 Agustus 1934, ia menjadi diktator Jerman setelah Presiden Von Hindenburg meninggal. Ia menyatukan jabatan kanselir dan presiden menjadi Führer sekaligus menjadikan Nazi sebagai partai tunggal di Jerman. Ia juga seorang Ketua Partai Nasionalis-Sosialis (National Socialist German Workers Party atau Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei/NSDAP) yang dikenal dengan Nazi. Nazi secara resmi dibubarka
n setelah Jerman kalah dalam Perang Dunia II yang besar karena sistem kediktatoran Hitler. Hitler seorang orator yang berkharisma, Hitler merupakan salah satu pemimpin yang paling berpengaruh di dunia.


30 J
anuari 1948. Aktivis politik anti-kekerasan India, Mahatma Gandhi,
dibunuh seorang ekstremis Hindu.
Mohandas Karamchand Gandhi (2 Oktober 186930 Januari 1948) (aksara Devanagari: मोहनदास करमचन्द गांधी) juga dipanggil Mahatma Gandhi (bahasa Sansekerta: "jiwa agung") adalah seorang pemimpin spiritual dan politikus dari India.

Pada masa kehidupan Gandhi, banyak negara yang merupakan koloni Britania Raya. Penduduk di koloni-koloni tersebut mendambakan kemerdekaan agar dapat memerintah negaranya sendiri.

Gandhi adalah salah seorang yang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Dia adalah aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, yang mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai.

Gandhi lahir pada 2 Oktober 1869 di negara bagian Gujarat di India. Beberapa dari anggota keluarganya bekerja pada pihak pemerintah. Saat remaja, Gandhi pindah ke Inggris untuk mempelajari hukum. Setelah dia menjadi pengacara, dia pergi ke Afrika Selatan, sebuah koloni Inggris, di mana dia mengalami diskriminasi ras yang dinamakan apartheid. Dia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang aktivis politik agar dapat mengubah hukum-hukum yang diskriminatif tersebut. Gandhi pun membentuk sebuah gerakan non-kekerasan.

Ketika kembali ke India, dia membantu dalam proses kemerdekaan India dari jajahan Inggris; hal ini memberikan inspirasi bagi rakyat di koloni-koloni lainnya agar berjuang mendapatkan kemerdekaannya dan memecah Kemaharajaan Britania untuk kemudian membentuk Persemakmuran.

Rakyat dari agama dan suku yang berbeda yang hidup di India kala itu yakin bahwa India perlu dipecah menjadi beberapa negara agar kelompok yang berbeda dapat mempunyai negara mereka sendiri. Banyak yang ingin agar para pemeluk agama Hindu dan Islam mempunyai negara sendiri. Gandhi adalah seorang Hindu namun dia menyukai pemikiran-pemikiran dari agama-agama lain termasuk Islam dan Kristen. Dia percaya bahwa manusia dari segala agama harus mempunyai hak yang sama dan hidup bersama secara damai di dalam satu negara.

Pada 1947, India menjadi merdeka dan pecah menjadi dua negara, India dan Pakistan. Hal ini tidak disetujui Gandhi.

Prinsip Gandhi, satyagraha, sering diterjemahkan sebagai "jalan yang benar" atau "jalan menuju kebenaran", telah menginspirasi berbagai generasi aktivis-aktivis demokrasi dan anti-rasisme seperti Martin Luther King, Jr. dan Nelson Mandela. Gandhi sering mengatakan kalau nilai-nilai ajarannya sangat sederhana, yang berdasarkan kepercayaan Hindu tradisional: kebenaran (satya), dan non-kekerasan (ahimsa).

Pada 30 Januari 1948, Gandhi dibunuh seorang lelaki Hindu yang marah kepada Gandhi karena ia terlalu memihak kepada Muslim.

0 komentar: